Sudah Coba Google PPA (Referrals 2.0) ?
bimbingan belajar bisnis online

Sudah Coba Google PPA (Referrals 2.0) ?

Terakhir diupdate oleh pada tgl


Setelah menjalani ujicoba terbatas selama lebih kurang 3 bulan, akhirnya Google PPA Advertising atau sekarang disebut Google Referrals 2.0, dirilis secara penuh menjadi bagian dari google adsense publishing. Artinya, Anda, sebagai adsense publisher, sekarang mendapat kesempatan income tambahan dengan memasang iklan-iklan CPA di website Anda selain iklan adsense (CPC) dan produk referral lainnya yang sudah ada selama ini.

Beberapa poin penting tentang Google PPA (sebagai perbandingan dengan iklan Adsense):

  • Pilihan produk lebih banyak. Kalau selama ini produk referral Google sangat sedikit dan kurang menarik, kini Anda bisa memilih dengan lebih leluasa produk yang lebih cocok dengan website Anda dari ribuan produk yang ditawarkan oleh pengiklan Adwords.
  • Target lebih tepat. Dengan fasilitas Category and Keyword Target, Anda bisa memilih produk berdasarkan kategori dan keyword yang Anda tentukan.
  • Unit iklan teroptimasi. Memilih produk untuk diiklankan dari sekian banyak produk yang tersedia kadang-kadang tidak mudah. Karena itu Google menyediakan fasilitas optimasi iklan yang akan ditampilkan. Ini bisa Anda lakukan dengan memilih opsi “Pick best performing ads” pada saat menggenerate kode iklan. Ketika Anda memilih unit iklan tertentu untuk ditampilkan, maka sistem akan membuat perbandingan dengan iklan sejenis yang tersedia dan akan menampilkan iklan yang lebih optimal untuk Anda pilih.
  • Iklan yang lebih tepat untuk multi topik. Bila website Anda berupa portal atau kumpulan artikel dengan banyak topik (bukan niche website), maka Google Referrals 2.0 menawarkan kebebasan kepada Anda untuk memilih iklan mana yang akan Anda tampilkan. Tidak seperti Google Adsense yang ditampilkan otomatis oleh sistem berdasarkan konten website (keyword dominan) .
  • Peluang earning lebih tinggi. Sebagai CPA, tentu saja Google Referrals 2.0 menawarkan kompensasi yang lebih tinggi dari earning per click Adsense. Tetapi sebaliknya tingkat konversinya akan lebih rendah karena di CPA Anda tidak dapat income hanya dengan klik, melainkan dibutuhkan tindakan (action) sampai terjadi transaksi yang diinginkan oleh merchant (advertiser), apakah itu berupa sales, leads, atau bentuk transaksi lainnya.

Untuk memanfaatkan Google Referrals 2.0 ini Anda bisa masuk ke account adsense, dari menu Adsense Setup lalu klik menu Referrals. Bila saat ini menu Referrals belum ada dalam account Anda, itu artinya Anda sedang menunggu giliran, karena Google Referrals 2.0 ini memang disediakan secara bertahap dalam jangka waktu 2 minggu ke depan. Jadi silahkan cek lagi besok atau lusa ya?!


Tags: cost per action, CPA, Google PPA Advertisingl, Google Referrals, google-adsense, pay per action

Category: PELUANG

Tanggapan Pembaca (16)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Avie says:

    Lam kenal pak Edy,

    postingan tentang google referal cukup bermanfaat, aku belum coba insert ke my website sih, tapi sekilas kubaca, kok hampir sama cara kerjanya dengan affiliate yah…. wah kalo emang gini, google just took very smart way to grab affiliate markets into their pocket!!

    yah.. itulah enaknya big company, owning many staffs who most likely work only for thinkings…. :)

    kapan ya punya and run big company…? maaf melamun :)

  2. Edy says:

    Betul mas Avi, Google Referral 2.0 sejatinya adalah affiliate dalam bentuk PPS atau PPL. Menarik untuk melihat ke depan, apakah para pengiklan besar akan cenderung beralih ke PPA daripada PPC (Adsense) untuk menghindar dari masalah click fraud. Kalau itu terjadi, Adsense akan semakin tidak menarik ya? :)

    • Mifta says:

      google adsense pay per click nya aja gede banget,, apalagi pay per action nya,,, pasti bikin kantong tebal… tapi sayang, saya belum punya akun googla adsense…

  3. Ochim says:

    wahh… terlambat baca,, tp gak p p yang penting tau sekarang, btw barusan saya masu account ads ku kok referal aja yg ada pak edy?.. tidak ada tulisan REFERALS 2.0 ato masih menunggu giliran ya, pdhl ini udah lebih dr dua minggu..

    thank’s pak edy infonya.

    best regard.

  4. Dini says:

    enaknya, semua income bisa jadi dari satu sumber ya.. jadi ga perlu cj or aff lain nih…

  5. caksub says:

    kelihatanya menarik untuk di coba nih…, yaa hitung2 buat tambahan bayar sekolah anak, maklum, musim masuk sekolah, butuh dana besar :-)

  6. Mahendra says:

    Trims infonya

  7. Pudjo Suprapto says:

    Pak Edy
    Terima kasih atas informasinya
    Menarik sekali untuk disimak dan diikuti, terus berkarya…..

  8. audio video product reviews says:

    wah bener mas, kalo gitu lama2 adsense bakal diganti kali ya dengan yg kayak gini.. wah strategi marketing jg berubah

  9. Belajar Program Affiliasi says:

    Salam kenal Pak Edy, saya baru belajar Affiliasi nih. Punya Contoh blog/website yang sudah ikutan google adsense dan refferal 2.0 tidak? Terus perbandingan pendapatan antara PPC Adsense dan PPC lokal, mana yang lebih menguntungkan dan cepat menghasilkan profit. Terima kasih. Pernah mengajukan aplikasi google adsense namun belum di approve, mungkin konten blognya campur2 ya.

  10. Vista Fantasia says:

    salam kenal pak eddy, tertarik juga dengan program google cpa, tetapi stelah saya lihat di akun ga saya ternyata belum ada :(

  11. Business says:

    luar bisa informasinya, menarik sekali, sukses selalu.tank’s infonya

  12. Penulis Content says:

    hehehheheh ane mash setia ama google adsense :D

  13. Linazz says:

    Wach luar biasa!
    Informasinya selalu hangat dan serba baru. Aku seorang publisher adsense, tapi informasi ini baru aku dengar sekarang ini. Thx

  14. RayWira says:

    Pak Edy : apa google adsense sama google PPA bisa dicampur ga dalam satu website? dan bagaimana juga kalau dicampur dengan produk amazon atau clickbank? trims

  15. wah..ternyata semakin banyak sumber duit di dunia maya… langsung coba deh..

Sudah Baca Artikel Ini?close